YUK, MENULIS CERPEN YUK, Mohammad Diponegoro


Judul/Title: Yuk, Nulis Cerpen Yuk
Penulis/Writer: Mohammad Diponegoro
Penerbit/Publisher: Shalahuddin Press
Edisi/Edition: 1994
Halaman/Pages: 143
Dimensi/Dimension: 20.5x 14x 0.5cm
Sampul/Cover: Paperbacks
Bahasa/Language: Indonesia
Call No.: 415/Dip/y/C.1



***

"Dunia cerpen ialah alam di dasar laut karang. Makin dalam kita menyelam dengan minat tajam, makin asyik dan terpukau kita oleh keindahan dan kekayaannya. Kita bisa tergulir untuk jatuh cinta dan akhirnya membatalkan sama sekali niat untuk lari dari dunia cerpen"

Demikianlah Muhammad Diponegoro mengungkapkan wawasannya tentang cerpen dalam buku ini. Ia memang mencintai dunia cerpen sampai akhir hayatnya. Kedudukannya sebagai pembaca cerpen di radio Australia memungkinkan hal itu: Lebih dari 260 cerpen ditulisnya, baik asli maupun terjemahan.

Dalam buku ini, bukan saja wawasan mengenai cerpen diungkapkan, tetapi juga perjalanan panjang yang harus dilalui oleh penulis cerpen yang ingin berhasil. Tahap menata niat, tahap menata langkah, tahap mempermahir diri sampai dengan bagaimana menyuting cerpen, semua diantarkan dengan gaya bercerita oleh Mohammad Diponegoro.

Dilengkapi dengan ilustrasi pengalaman jago-jago cerpen dunia--seperti Edgar Allan Poe, Somerset Maugham, Ernest Hemmingway, Eudora Welty, William Faukner, Anton Chekov, O Henry, H Munro, Nathaniel Hawtorn, Elizabeth Enright, Jack London, DH Lawrence, Henry James, Pearl S. Buck dan pengalaman dari para pengarang Indonesia.

Komentar

Postingan Populer