UNTUNG SURAPATI, Dedy Armand



Judul/Title: Untung Surapati
Penulis/Author: Dedy Armand
Penerbit/Publisher: Garuda Metropolitan Press
Edisi/Edition: 1983
Halaman/Pages: 34
Dimensi/Dimension: 21 x 15 x 0.1cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: For Rent/For Sale
Harga/Price: Rp. 25.000,-
Call No.: 890/Arm/u/C.1
Status: Ada/Available

***

Sejak bocah tersebut tinggal bersama keluarganya, Mor merasakan perubahan dalam kehidupannya. Kariernya semakin menanjak. Usaha dagangnya semakin maju. Mor yakin, bahwa bocah itulah yang membawa keberuntungan baginya. Karena itu si bocah dia beri nama Untung. Dan Untung diangkat anak oleh keluarga Mor. Untung semakin disayangi. Akan tetapi, dia tetap rajin dan rendah hati. Dia hormat pada siapa saja yang lebih tua.

Tahun demi tahun berlalu. Untung sudah berubah menjadi seorang remaja yang tampan. Sifat-sifatnya tetap tidak berubah. Karena itu, dia disenangi dalam pergaulan. Kepercayaan keluarga Mor kepadanya semakin bertambah. Untung diserahi tugas membantu usaha dagang Mor. Hasil pekerjaannya selalu memuaskan. Dia gesit, rajin dan jujur. Mor semakin mempercayai dan menyayanginya. Seharusnya Untung berbahagia dengan kehidupan yang demikian. Tapi, dalam tubuhnya, mengalir darah kepahlawanan.

Kehidupan yang menyenangkan itu, tidak membahagiakannya. Pada suatu siang, Untung menyaksikan peristiwa yang menggoncang perasaannya. Dia melihat seorang pribumi disiksa dengan kejam oleh kompeni. Padahal kesalahan orang itu sepele. Hati Untung merasa teriris oleh perlakuan yang sangat tidak adil tersebut. Saat itu, baru dia menyadari arti perbedaan warna kulit. Dia mulai mengerti arti penjajahan. Kesadaran itu membuat hatinya mulai gelisah.

Komentar

Postingan Populer