HABIS GELAP TERBITLAH TERANG, R.A Kartini, Armijn Pane [Pen]


Judul/Title: Habis Gelap Terbitlah Terang, R.A Kartini
Penulis/Author: Armijn Pane [Pen]
Penerbit/Publisher: Balai Pustaka
Edisi/Edition: 1979
Halaman/Pages: 214
Dimensi/Dimension: 15 x 21 x 1cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga Jual/Sale Price: Call

Call No.: 923.7/Pan/h/C.1
Status: Ada/Available

***
Nama dan cita-cita Kartini jadi sebutan dan disegani orang. Tiap tahun dalam bulan April, diseluruh negeri ini Kartini diperingati oleh kaum perempuan Bumiputra. *)

Sifat manusia suka mencari sebab, supaya dapat berlaku dengan insaf. Karena itu tiadalah heran jika kita juga merasa wajib menyelidiki apa-apa sebabnya Kartini dimuliakan demikian itu. Dengan mencari sebab-sebabnya itu, tahulah kita nanti bagaimana rupa kehormatan yang ditujukan kepadanya dan di mana tempat Kartini yang sebenarnya.

Jika kita sudah insaf apa-apa sebabnya kita menghormatinya, menjadi lebih teranglah dan jelaslah cita-citanya dan wujud rupa kehormatan kita kepadanya yang sepantasnya, tahulah kita bagaimana sebenarnya memuliakan dia.Tentang diri dan cita-cita seseorang baru dapat kita pahamkan jika sudah kita pelajari apa-apa yang memberi pengaruh kepada orang dan cita-citanya itu. Selamanya ada tiga pasal yang memberi pengaruh itu. Pengaruh nenek moyang yang masuk darah daging, yang turun temurun, pengaruh pengalaman sendiri, pengaruh masyarakat tentang orang itu hidup.

*) panggilan Belanda pada bangsa Indonesia

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer