TENTANG BERMAIN DRAMA, Rendra


Judul/Title: Tentang Bermain Drama
Penulis/Author: Rendra
Penerbit/Publisher: Pustaka Jaya
Edisi/Edition: III/1982
Halaman/Pages: 95
Dimensi/Dimension: 15 x 21 x 0.8cm
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Sewa/Rent
Harga Jual/Sale Price: Tidak Dijual/Not for Sale

Call No.: 812/Ren/t/C.1
Status: Ada/Available

***

Dramawan atau lebih dikenal sebagai Rendra dilahirkan di Sala 7 November 1935 ini dapat dipandang sebagai salah seorang pelopor drama kontemporer Indonesia, baik dalam konsepsi, penulisan naskah maupun pementasan.

Ayahnya seorang guru bahasa Indonesia dan bahasa Jawa Kuna, sedangkan ibunya pernah menjadi penari keraton Yogya. Rendra pun serang penyair, penulis cerita pendek, dan seorang deklamator yang pernah memenangkan beberapa sayembara deklamasi.

Ia pernah menuntut pelajaran pada Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, kemudian memperdalam pengetahuannya di bidang drama pada American Academy of dramatical Arts di Amerika.
Gubahan dramanya Orang-Orang di tikungan Jalan memperoleh hadiah pertama dari Departemen Pendidikan Kebudayaan tahun 1954. Sebagai sutradara dan aktor ia terkenal karena pementasan drama-drama klasik dan modern, antara lain Hamlet, Oidipus Sang Raja, Oidipus di Kolonus, Antigone, Qasidah Barjanzi, Lysistrata, Menunggu Godot, Mastodon dan Burung Kondor, Perjuangan Suku Naga dan Bip-Bop yang banyak menarik perhatian. Karya-karyanya yang terakhir banyak mengungkapkan masalah-masalah kemasyarakatan. Terjemahannya Oidipus Sang Raja, Oidipus di Kolonus dan Antigone karya Sophokles sudah diterbitkan oleh Pustaka Jaya.

Sebagai penyair ia telah menerbitkan kumpulan sajaknya:
Ballada orang-orang tercinta (1957), Empat Kumpulan Sajak (1961), dan Blues untuk Bonnie (1971) serta Sajak-Sajak Sepatu Tua (1972) yang diterbitkan oleh Pustaka Jaya.

Sebagai penghargaan atas aktivitas dan kreativitasnya, Pemerintah Republik Indonesia memberikan Anugerah Seni tahun 1969, sedangkan Akademi Jakarta memberikan hadiah kepadanya tahun 1975.

Buku tentang bermain drama ini merupakan pedoman pokok bagi calon aktor, yang ditulis dengan bahasa dan analisa yang jelas tentang seluk beluk akting dan teater; bagaimana seorang aktor seyogyanya muncul diatas pentas, pembawaan dialog, mimik gerakan anggos badan dan sebagainya.

Komentar

Postingan Populer