BUTIR-BUTIR BUDAYA JAWA, Hardiyanti Rukmana


Judul/Title: Butir-Butir Budaya Jawa
Penulis/Author: Hardiyanti Rukmana
Penerbit/Publisher: Yayasan Purna Bhakti Pertiwi
Edisi/Edition: V/1992
Halaman/Pages: 205
Dimensi/Dimension: 20 x 28 x 1.5cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia, Jawa, Inggris

Kategori/Category: Di Jual/For Sale
Harga Jual/Sale Price: Rp. 75.000,-
Call No.: 306/Ruk/b/C.1
Status: Terjual/Sold

***

Sesungguhnya Bangsa Indonesia itu telah berabad-abad mengenal budaya hidup yang religius, artinya bahwa penghayatan hidupnya selalu didasarkan pada keyakinan dan kepercayaan pada Dhat Kang Murba Ing Dumadi, ialah Tuhan Yang Mahakuasa, Tuhan Pencipta Alam Semesta dengan segala isinya termasuk manusia. Walaupun manusia tidak sanggup melihat wujud Tuhan atau wujud Gusti Kang Murba Kawasa Jagad ialah wujud Allah, tetapi sanggup meyakini akan sifat Tuhan, ialah: Maha Sempurna; Sempurna; Baik atau Becik.

Menyadari bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan, manusia berkeinginan selalu dekat dengan Tuhan, bahkan bercita-cita dapat kembali pada Tuhan Yang menciptakannya, bila kelak memasuki alam wasana ialah alam akhirat, alam kelanggengan, setelah pada waktunya meninggalkan alam madya ialah alam dunia fana ini.

Tercapainya cita-cita hidup itu akan tergantung pada manusia sendiri dalam menggunakan kelengkapan hidup pemberian Tuhan, ialah: Pancaindera; Cipta-Rasa-Karsa; dan dua Nafsu yang bertentangan, yaitu nafsu baik dan nafsu jahat.

Manusia harus selalu bersyukur pada Tuhan Yang Maha Pemurah, karena telah memberikan kemudahan melalui ajaran agama--dengan perantaraan Nabi, Rasul sebagai utusan-Nya beserta Kitab suci-Nya. Tuhan Yang Maha Pemurah memberi petunjuk pada manusia untuk memperoleh kehidupan yang utuh lahir-batin, materiil-spirituil, dunia-akhirat.

Komentar

Postingan Populer