ANALISIS GENDER & TRANSFORMASI SOSIAL, Mansour Fakih


Judul/Title: Analisis Gender & Transformasi Sosial
Penulis/Author: Mansour Fakih
Penerbit/Publisher: Insist Press
Edisi/Edition: 2008
Halaman/Pages: 192
Dimensi/Dimension: 13 x 19 x 1cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Sewa/Rent
Harga Jual/Sale Price: Tidak Dijual/Not for Sale

Call No.: 341/Fak/a/C.1
Status: Ada/Available

***

Banyaknya pendekatan dan teori tentang permasalahan perempuan menyebabkan perbedaan dalam analisis dan pemahaman tentang penindasan dan eksploitasi terhadap kaum perempuan. Permasalahan perempuan pun terentang mulai dari benak setiap individu, tafsir agama, sampai institusi negara. Sehingga upaya penegakan keadilan gender dapat berarti juga menggugat privilege yang dinikmati sebagian kelompok masyarakat --diantaranya adalah perempuan.

Dengan demikan, gerakan transformasi gender tidak sekadar memperbaiki status perempuan, melainkan memperjuangkan martabat dan kekuatan perempuan. Kekuatan yang tidak mendominasi orang lain, tetapi kekuatan untuk mengontrol hidup, dan kemampuan meraih akses sumber material dan nonmaterial. Sementara itu, tugas utama analisis gender adalah memberikan makna, konsepsi, ideologi, dan praktik hubungan antara perempuan dan laki-laki serta implikasinya terhadap aspek-aspek kehidupan lain yang lebih luas.

Buku yang menguraikan pengertian gender dan kaitannya dengan perubahan sosial ini, sejak pertama kali diterbitkan, tetap menemukan konteksnya sampai sekarang. Hal ini terjadi karena buku ini menyentuh pandangan dasar dari gerakan perempuan, selain karena masih banyaknya praktik penindasan terhadap kaum perempuan saat ini.

Komentar

Postingan Populer