Manual Ksatria Cahaya


Judul: Manual of the Warrior of Light
Penulis: Paulo Coelho
Penerbit: Harper
Edisi: 2003
Halaman: 278
Dimensi: 20cm
Bahasa: Inggris


Seorang ksatria cahaya mengerti banyak hal patut disyukurinya...

Dalam perjuangannya ia mendapat pertolongan dari para malaikat; kekuatan gaib meletakkan segala sesuatu pada tempatnya masing-masing, dengan demikian memberinya kesempatan untuk melakukan yang terbaik.

Kawan-kawan seperjalanannya berkata: “Ia amat beruntung!” Memang kadang-kadang sang ksatria berhasil melakukan hal-hal di luar kemampuannya.

Karena itulah, pada saat matahari terbenam, ia berlutut dan menyampaikan terimakasih atas Jubah Pelindung di sekelilingnya.

Rasa syukur itu, tidak hanya terbatas kepada dunia spiritual; ia tidak pernah melupakan kawan-kawannya karena darah mereka telah bercampur dengan darahnya di medan pertempuran.

Seorang ksatria cahaya tak perlu diingatkan tentang bantuan yang diberikan berbagai pihak kepadanya; dirinyalah yang pertama ingat akan hal itu, dan ia akan memastikan untuk berbagi dengan mereka atas penghargaan apapun yang diterimanya.

Kisah di atas dipetik dari buku Manual of the Warrior of Light [Manual Ksatria Cahaya] karya Paulo Coelho. Buku itu menjadi undangan kepada diri kita untuk menghidupkan impian-impian, memeluk ketidakpastian kehidupan, mengajak bangkit untuk bertemu dengan takdir yang ada pada diri kita masing-masing.

Melalui kisah-kisah singkat yang inspiratif, kita diajak melangkah di jalan seorang ksatria yang menghayati arti kejaiban hidup dan kehidupan, menerima kegagalan dan melalui pencariannya, ia tumbuh menjadi dirinya sendiri. Sebagaimana kisah di atas, sang ksatria cahaya sadar bahwa segala keberhasilannya sebenarnya bukan semata-mata hasil jerih payahnya, melainkan karena "Tangan-Tangan Semesta" dan para kerabat serta sahabat yang saling membantu.

***
Paulo Coelho adalah penulis asal Brasil. Sebelum aktif menulis ia juga bekerja sebagai sutradara teater, penulis lagu, dan jurnalis. Buku pertamanya adalah Hell Archives [1982] yang tidak terlalu berhasil di pasaran. Setelah itu, ia menulis beberapa buku yang bernasib sama dengan buku pertamanya. Baru pada tahun 1987 ia melahirkan karya besarnya The Achemist yang terjual lebih dari 75 ribu eksemplar di seluruh dunia.

Karya-karya Coelho lainnya yaitu: Brida [1990], The Valkyries [1992], By the river Piedra I sat Down and Wept [1994], Maktub [1994], Phrases [1995], The Fifth Mountain [2000], Stories for Parents, Children and Grandchildren [2001], Eleven Minutes [2003], The Zahir [2005], Like the Flowing River [2006] The Witch of Portobello [2006], Life Selected Quotations [2007] The Winner Stands Alone [2008]. Pada tahun 1996, Coelho mendirikan Paulo Coelho Institute yang memberikan bantuan untuk anak-anak dan kaum lansia yang tak berdaya secara ekonomi.

***

Komentar

Postingan Populer