COMMUNITY DEVELOPMENT, Jim Ife & Frank Tesoriero


Judul/Title: COMMUNITY DEVELOPMENT: ALTERNATIF PENGEMBANGAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASI
Penulis/Author: Jim Ife & Frank Tesoriero
Penerbit/Publisher: Pustaka Pelajar
Edisi/Edition: 2008
Halaman/Pages: 721
Dimensi/Dimension: 15.5 x 23 x 3.5cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Sewa, Jual, Tukar/Rent, Sale, Exchange

Harga Jual/Sale Price: Rp. 105.000,-
Call No.:361/Ife/c/C.1
Status: Ada/Available

***
Buku Pengembangan Masyarakat ini telah memantapkan posisinya sebagai standar buku teks teori dan praktik pengembangan masyarakat di Australia sejak edisi pertamanya pada 1995. Edisi berbahasa Indonesia ini merupakan terjemahan dari edisi ketiga (2006). Para pengarangya percaya bahwa pengembangan struktur-struktur berbasis-masyarakat telah menjadi komponen kunci dari strategi-strategi untuk perubahan di seluruh dunia. Di sini para pengarang menguraikan berbagai teori ekologi, sosial dan politik guna membangun perspektif ekologis dan perspektif keadilan sosial/HAM secara teguh untuk menjadi landasan dalam praktik pengembangan masyarakat.

Buku ini berpendapat bahwa pendekatan satu dimensi, misalnya ekonomi, kepada pengembangan masyarakat akan berpeluang besar menemui kegagalan dalam pengertian keutuhan masyarakat. Oleh karena itu, disini dipromosikan suatu bentuk "pengembangan masyarakat terpadu" yang melibatkan enam dimensi masyarakat, yaitu sosial, ekonomi, politik, kultural, lingkungan hidup dan spiritual/personal. Semua itu untuk mewujudkan apa yang disebut sebagai pembangunan yang seimbang. Dengan mendiskusikan 26 prinsip kunci pengembangan masyarakat buku ini menunjukkan dengan jelas sifat bidang dan pekerjaan pengembangan masyarakat yang lintas sektoral yang karena itu, terbuka bagi orang-orang dari segala bidang untuk melibatkan diri.

Para praktisi masyarakat akan sangat terbantu, dengan membaca buku ini, untuk melakukan analisis kekuatan-kekuatan dalam masyarakat dan mengidentifikasi struktur-struktur yang melemahkan dan merugikan masyarakat, untuk kemudian menetapkan strategi (yang mencakup proses dan tujuan) pemberdayaan masyarakat yang memadai sehingga terwujud kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan keberlanjutan ekologis bumi dan keadilan sosial/HAM.

Komentar

Postingan Populer