The Heart of Understanding


The Heart of Understanding
By: Thich Nhat Hanh
Parallax Press, California, 1988
x + 54 pages





Buku ini membawa aku dalam perjalanan. Perjalanan ke dalam hati. Dari dalam sana pemandangannya sungguh berbeda dari pemandangan di luar. Aku bisa melihat bahwa segala-sesuatu saling kait-mengait. Tidak ada yang berdiri sendiri. Aku bisa melihat bahwa alam semesta -- awan, hujan, matahari, tanaman, dll. dll. dll. -- turut membentukku dan memberiku hidup.If it exists, then one speck of dusts exists. If it doesn't exists, then the whole cosmos doesn't.

Dari dalam sana aku bisa melihat bahwa sebenarnya tidak ada yang namanya kelahiran dan kematian. Karena lahir adalah kondisi dari tidak ada menjadi ada. Padahal kita selama ini cikal bakal kita sudah ada, bukan dalam wujud yang sekarang. Dan ketika kita mati, sebenarnya kita juga tidak benar-benar tiada. Kita hanya berubah wujud. Dahsyat sekali buku ini... buku yang teramat tipis ini bisa memberi teramat banyak. Duh... coba aku bisa ketemu Thich Nhat Hanh...

Fave Quote:
The cloud in the sky will not be scared. When the time comes, the cloud will become rain. It is fun becoming rain, falling down, chanting, and becoming part of the Mississippi River, or the Amazon River, or the Mekong River, or falling onto vegetables and later becoming part of a human being. It is very exciting adventure. The cloud knows that if it falls to the earth it might become part of the ocean. So the cloud is not scared. Only humans get scared.

Komentar

Postingan Populer